Cara Paling Ampuh Menghadapi Scammer



Setiap mendengar berita ada wanita tertipu scamer, hati saya miris sekali. Apalagi kalau yang ditipu wanita Indonesia. Sumpah deh ngga rela banget. Ada yang cepat sadar setelah mendengar dan membaca tulisan tentang scammer tapi ada juga yang ngeyel. Beberapa  teman  bilang ke saya bahwa keponakan, sepupu lagi kecantol bule palsu, dibilangin ngga percaya walau sudah suruh baca tulisan saya.

Kalau sudah begitu maunya mereka ya biarkan saja, tapi saya tak akan berhenti menulis tentang scammer cinta. Kadang saya berpikir kenapa wanita Indonesia banyak yang cari bule? Usaha ngga ada yang larang, tapi harus pakai logika . Kalau too good to be true, hati hatilah. Jangan dibutakan oleh rayuan pria . Lagi pula jodoh itu Allah yang tentukan, manusia cuma usaha.

Tak dapat dipungkiri masih banyak  wanita single  tergoda rayuan bule palsu alias scammers. Biasanya mereka kesepian, hidup sendiri. Begitu ketemu seseorang lewat internet dan penuh perhatian, ya udah langsung klepekan. Belum lama di Australia ada seorang dokter wanita sebut saja Sandy , tertipu scamer yang mengaku berasal dari Brisbane, tapi sedang tugas di UK katanya punya proyek (tau tuh proyek apa-fey down). Si scammer memperlihatkan photo saat di Australia sedang memeluk dolphin. Ganteng ya udah pasti, (photonya boleh nemu  di internet). Sahabat Sandy sudah mengingatkan, tapi namanya juga sedang jatuh cinta mana mau dengar omongan orang. Tak lama Sandy mendapat berita bahwa "pujaan hati " ada proyek di Nigeria tapi uangnya tidak cukup untuk nutup proyek, katanya dia sudah jual mobil dll.

Si pujaan telpon dari Nigeria dan Sandy sudah merasa curiga. Ia sempat bertanya kenapa harus di Nigeria , jangan jangan kamu scamer. Dengan suara yang sedih dan memelas si pujaan bilang " Bagaimana kamu bisa berkata seperti itu? Kamu ngga percaya sama aku?" (hebatnya nih manusia berakting-fey down) Tanpa ragu , demi cinta pada pujaan hati, Sandi mengirim uang sejumlah AUD 7.000 lewat  Western Union untuk tambahan modal. Seminggu kemudian si pujaan bilang " Ternyata tidak mudah mengurus proyek di Nigeria, aku mau pulang saja ke Australia dan kita hidup bahagia bersama sama, tapi aku ngga ada ongkos tiket. Sudah habis habisan untuk proyek itu. " Sandy curiga lagi, dia bertanya mana itenerary tiketnya, si pujaan kasih lihat print intenerary ( itu sih gampang, siapa juga bisa minta detail perjalanan-fey down).

Yakinlah Sandy lalu kirim uang lagi USD 3.500. Dengan hati bahagia pada hari yang ditentukan, Sandy berangkat ke airport untuk menjemput pujaan hati. Menunggu selama dua jam, sang kekasih tidak muncul. Penasaran ia tanya kebagian informasi penumpang, ternyata tak ada nama itu. Sandypun sadar telah ditipu, ia lapor polisi tapi sayang semua sudah terlambat karena uang sudah diambil. Tak lama hp Sandy berdering dari Nigeria tapi orang lain yang bicara " Kekasih kamu kecelakaan, dia harus di operasi segera dan butuh dana AUD 3500." Telpon langsung ia tutup ( keenakan nih scammer dapat duit boleh nipu, mau nambah lagi - fey down). Ketika Sandy mencoba menghubungi si scammer, telpon sudah tidak aktif.  Ia  marah dan malu pada diri sendiri, mengapa wanita berpendidikan seperti dia bisa tertipu scammer.

Ia berharap  pengalaman ini bisa menjadi pelajaran bagi yang lain. (sumber : thatslife) Kebiasaan yang dilakukan scammers :

1. Baru kenal sudah manggil baby honey bunny, i love you, i miss you

2. Terlalu muluk rayuannya kadang tak masuk akal, kenal seminggu udah ngomongin nikah

3. Perlihatkan photo bule ganteng ( padahal photo bule boleh comot dari internet, kasian pemilik photo yang asli - fey down). Soalnya mereka tahu banyak wanita tergila gila sama bule ganteng.

4. Pamer jabatan dan kemewahan karena mereka tahu ,  banyak wanita mudah kena rayuan apalagi plus kemewahan. Coba kalau yang merayu miskin, diladenin juga kagak.

5. Jika calon korban wanita muslim, dia akan berkata " saya siap menjadi muslim, kamu ajari saya ya baby.." ( Tentu saja wanita muslim akan terpanggil jika ada yang ingin belajar tentang Islam apalagi sudah jadi kekasih walau cuma lewat chatting-Fey Down)

6. Mau datang, mau kirim hadiah? prettt!! Jangan mimpi mereka mau datang. Ujung ujungnya pasti minta kirim duit, alasan hadiah di tahan di airport.

Cara jitu menghadapi scammer palsu :
1. Jangan kasih kesempatan chat terlalu lama. Baru kenal suruh dia perlihatkan wajah lewat camera atau minta kirim photo shot lewat MMS atau FB saat itu juga.

2. Minta dia telpon, lihat nomornya dari mana. Bisa Malaysia , bisa juga UK atau dia ngaku di UK tapi ada di Nigeria. Artinya mereka menggunakan telpon dengan no awal +44 70 . Bagi yang tak mengerti dikira benar dari UK, padahal +44 70 adalah sebuah system telekomunikasi  di UK yang disebut 070 Follow me Numbers. Bisa diakses dari mana saja. Biasanya scamers menelpon dari Nigeria dengan menggunakan 070 ini.
Silahkan cek  http://www.scamwarners.com/forum/viewtopic.php?f=3&t=16485

3. Kenali suaranya dan aksennya pasti beda dengan bule asli.

4. Test pakai ID lain dengan photo wanita lain, pura pura ingin kenalan dengan dia. Jamin dia layanin dengan rayuan gombal yang sama.

5. Minta lebih banyak photo, bilang mau ditempel di kamar tapi dengan pose berbeda. Kalau mereka tak bisa melakukan apa yang kita minta, maka sudah pasti mereka adalah scammer cinta lagi cari mangsa. Waspadalah,  jangan sampai terjebak oleh mereka. Belajarlah dari pengalaman orang lain yang sudah jadi korban. Mungkin dia  tak bisa  menipu uangmu, tapi dia telah mencuri hatimu. Rugi tau!!

0 Response to "Cara Paling Ampuh Menghadapi Scammer "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel